RSS

Resensi Novel "My Idiot Brother"

 "My Idiot Brother"
 "Sebuah Ketulusan"





Penulis : Agnes Danovar
penerbit : inandra published

tahun terbit : november 2011

            Berawal dari cerpen online dan dibukukan menjadi novel. My idiot brother, tidak jauh berbeda dari karya agnes yang lain. novel inipun menawarkan kisah menarik, mengispiratif dan tentunya menyayat hati. menggambarkan bagaimana rasa sayang yang tulus seorang kakak kepada adiknya. 


Ketika tidak ada lagi cara untuk mencari kebahagiaan, maka kita hanya memiliki satu pilihan yaitu mengorbankan apa yang kita sebut kebencian, sebab hanya dengan itulah kebahagiaan dapat kita temukan
Agnes Davonar


           Agnes danova mengartikan bahwa kebahagian bukan datang dari suatu kesenangan. namun, kebahagiaan datang dari ketulusan diri kita untuk menghilangkan rasa kebencian kita kepada seseorang.

           Angel seorang remaja yang mempunyai kakak yang memiliki keterbelakangan mental. Hendra, kakak yang begitu tulus kepada adiknya.  Hendra bukanlah seorang yang cacat semenjak lahir. ketika dia bayi, dia mengalami demam tinggi dan divonis dokter mengalami keterbelakangan. Angel bukanlah seorang remaja yang dapat menerima bahwa kakaknya menderita keterbelakangan mental atau dapat disebut "idiot'. Angel dan Hendra berselisih usia 5 tahun. Angel tidak bisa menerima, kakaknya yang usianya lebih tua 5 tahun namun bertingkah seperti anak TK.

          Semua berubah ketika keluarga mereka menempati rumah baru yang lebih besar dan mewah. Sekolah baru, teman baru, dan lingkungan baru. hal tersebut tidak membuat serta merta Angel senang. namun sebaliknya. teman teman yang hanya pamer kekayaan, tidak seperti ketika di rumah lama, teman teman angel bisa bermain bersama dengan kakaknya. namun? sekarang ini teman temannya justru mencemooh kakaknya dan hal tersebut membuat angel menjadi semakin membenci kakaknya. Walaupun angel memperlakukan kakaknya dengan tidak baik, hendra kakaknya selalu memberi perhatian dan ketulusan seorang kakak kepada adiknya.

          Agnes, teman baru Angel atau lebih bisa dikatakan "musuh" angel. dia selalu mencari kesalahan kesalahan yang dilakukan Angle. dan dia mengetahui bahwa Angel mempunyai kakak yang dapat dikatakan " idiot" dan hal ini membuat Angel semakin membenci kakaknya karena agnes selalu mengatakan hal hal buruk tentang dirinya karena kakaknya "idiot". dan mereka menyukai seorang laki laki yang sama, bernama Aji. Aji lebih menyukai Angel dan hal tersebut membuat Agnes semakin mencari cari masalah dengan Angel. 

           Semua masalah pun terjadi pada pesta ulang tahun Aji. Hendra, datang kepesta ulang tahun tersebut. Angel semakin marah karena dia tidak ingin membuat Aji tau bahwa kakaknya " idiot ". Agnes yang mengetahui ini malah ingin membuat Aji tau dan membuat Angel dipermalukan didepan umum. Lalu? bagaimana kah kelanjutan kisah ini? akankah Aji mengetahui hal tersebut? bagaimana dengan Angel, apakah dia akan mengakui bahwa Hendra adalah kakaknya? dan bagaimana perasaan Hendra? 

             Kisah ini sangat mengispirasi. sebuah ketulusan mungkin inilah tema dari novel ini. mengajarkan bagaimana kita seharusnya berlaku kepada saudara kita. bagaimana menghapus/menghilangkan rasa benci kita terhadap seseorang. dan terus mencintai seseorang walaupun orang itu membenci kita.
           
            Dengan cover yang menarik, tebal buku yang relatif dan kisah yang menginsprirasi. namun, ada sedikit kekurangan dibuku ini, bukan bagaimana isinya tapi lebih keteknik. kertas buku yang terlalu tipis, dan ada gambar dibawah buku yang membuat sedikit tulisan dibuku tersebut tidak terlihat. namun, ini semua tertutupi dengan isi buku yang sangat menarik. di cover depan terdapat tulisan " semua yang membaca buku ini menangis" dan saya menyetujuinya. Novel tersebut memang membuat kita menangis tersedu sedu dan membuat kita berfikir apa yang telah kita lakukan kepada saudara kita selama ini? apakah sudah baik?

             Ditambah dengan cerpen cerpen yang menarik dan membuat novel ini sangat dianjurkan untuk kaum remaja. tidak menonjolkan kisah percintaan namun kisah yang persaudaraan. Novel ini pun mendapat banyak apresiasi dari pembaca dan akan segara dibuat kisah dalam bentuk layar lebar.


 By: Tia Agustiany 

              cuap2 : saya melihat novel ini di perpustakaan sekolah saya, melihat sinopsisnya saya tertarik dengan buku ini. ketika membacanya saya sedikit kecewa karna memakai kata " gue
" dalam ceritanya. namun, ketika saya membaca terus saya menyadari bahwa novel ini sangat bagus dan sangat layak dibaca!!!!!!! Jujur saja, karna novel ini pagi2 saya menangis dan susah untuk berhenti :'(


kunjungi blog penulis -> http://agnesdavonar.gerychocolatos.com/?p=2993 




1 komentar:

Rafiq mengatakan...

Nice. Bisakah saya share artikel ini?

Posting Komentar