RSS

My Journey to Find Job

Hai guys, udah lama banget ga update blog ini dan nulis nulis begini hihi 
Sejujurnya, aku mau merubah konsep blogku ini ga cuma informasi seputar korea-koreaan aja. Aku mau berbagi banyak hal yang aku rasa akan bermanfaat buat pembaca semua. 

So, let's cek it out!!! :D

Jadi.. aku baru aja lulus dari Universitas Indonesia jurusan Kimia. 
dan.. aku punya nazar kalo dapet kerja aku akan posting pengalaman recruitment dari berbagai perusahaan yang udah aku jalani. Karna, menurutku postingan pengalaman tes orang-orang, ataupun pengalaman kerja yang orang lain share diforum online (aka kaskus) itu sangat membantuku ketika menjalani tes atau membuat pilihan. 

Aku sidang dibulan Juli 2018, dan wisuda dibulan September 2018. Dan pengumuman dapet kerja dibulan Januari 2019. Cukup lama nganggur kan? :') diwaktu yang cukup membuat stress itu, aku kurang lebih mendapat panggilan sekitar 20 perusahaan, dan mengikuti proses recruitment di 10 perusahaan. Baik itu dari jobstreet, jobsdb, ikut job fair sana sini, daftar ke perusahaannya langsung dan kirim email ke banyak perusahaan. Dimulai dari perusahaan pertama sampai terakhir yang ku ikuti ya prosesnya~ silahkan dibaca 




1. PT Novell Pharmaceutical Laboratories
Pertama kali aku coba apply kerja itu sekitar bulan agustus awal setelah sidang dan urusan konferensi beres. Tapi!! perlu temen temen catet kalo emang udah yakin mau lanjut kerja setelah kuliah, apply dari setelah sidang atau sebelum sidang yaa. Karna, panggilan kerja itu ga sebentar yang hari ini apply besok dipanggil. Cuma kasus-kasus tertentu dan kalo lagi beruntung bisa kaya gitu :') . Dan.. ketika aku daftar disini aku sedang beruntung, Aku daftar via email dimana infonya aku dapet dari web http://www.novellpharm.com/ sekitar jam 9 malem (jangan diikutin, kirimlah email dijam yang tepat). Dan... beruntungnya pagi harinya aku langsung ditelfon untuk psikotes dan wawancara hrd selang 2 hari dari panggilan tersebut. Wah itu bener bener rasanya kaya... "berarti CV aku bagus ya', 'panggilan kerja cepet ya'. Tapi no! wkwk itu ga selalu terjadi dan kita ga boleh sombong atau cepet puas dengan CV yang udah kita buat. Semakin banyak proses yang dilaluin ngebuat kita semakin sadar dimana passion dan arah karir kita, jadi revisi gapapa banget. 

Psikotes dan wawancara hr dilakuin di head office jakarta, atau untuk jabatan2 teknis yang akan kerja dipabrik langsung tes dipabriknya didaerah gunung putri bogor. Psikotesnya ga pake kertas! tapi kita ngerjain via komputer... dan super duper lengkap!! dari jam 8 sampe jam 1an lah. Jadi, kalo bisa makan dulu dirumah dan tidur yang cukup. Karna, kelamaan mantengin layar bikin puyeng.. 
Psikotesnya sendiri kaya biasa sih, ada deret, menghafal (arca, gamelan gitu2), gambar dadu diputer puter, sinonim antonim, hubungan dua kata, dan tes pauli yang dikerjain dikomputer :') berasa ga selesai selesai deh ngerjain tes ini wkwk terus ada menggambar pohon, wartegg, sama gambar orang juga. Buat kalian yang baru mau tes belajarlah psikotes, karna aku waktu itu kurang belajar dan pertama kali jadi lumayan kaget juga ngerjain selama itu :( 

Setelah selesai tes langsung dilakukan wawancara hr sekitar 5-15 menit. Wawancara hr hampir disemua proses recruitment sesuai sama CV yang udah kita tulis. Jadi mengertilah setiap apa yang kamu tulis di-CV yaaa. Ditanya juga kaya proses produksi secara garis besar, dan tentunya jabatan yang kamu lamar. Aku ngerasa jelek banget diwawancara pertama ini, dan ditanya juga ' Bersedia Shift?' dan jeng jeng jeng baru tau kalo disana shift.. jadi pas jawab ga ada persiapan dan jadinya jujur kalo emang gamau shift. juga ditanya 'plan 5 tahun kedepan'. dan bodohnya lagi, aku jawab mau kuliah wkwk ya emang ketika itu masih galau banget antara kerja dan kuliah lagi. Dosenku pun nyaranin kuliah lagi :') disisi lain mau cepet cepet bahagiain dan gamau ngerepotin keuangan keluarga lagi. Jadi intinya saranku kalo ditanya kaya gitu jangan jawab mau kuliah lagi dalam waktu dekat, dan bilang bersedia aja untuk segala peraturan yang emang masih sesuai norma. 

Abis itu, nunggu 2 minggu untuk tes selanjutnya yaitu wawancara user. Awalnya udah hopeless banget dong pasti ga dipanggil lagi:') tapi ternyata masih dikasih kesempatan. Wawancara usernya ga jauh beda sama yang ditanyain ketika wawancara hrd, tapi tentunya jawabanku udah lebih mantap walaupun tetep jawab ga begitu setuju shift malam.. Oh iya yang dipanggil lagi kala itu bareng sama aku ada sekitar 2 orang lulusan ITB. Jadi cukup sengit juga hhe 
Sesuai dugaan juga setelah dua minggu ga ada panggilan lagi. Kalo dari temen aku yang pernah kerja disana, setelah wawancara user langsung offering setelah itu lanjut MCU (ga menggugurkan) dengan biaya sendiri. Lalu, disana akan di training selama 1 bulan dulu sebelum benar benar kerja... 

2. PERURI
Ini adalah patah hati pertamaku :') kecewa banget ga bisa maksimal ketika tes disini. Peruri ini merupakan perusahaan BUMN yang bertugas mencetak uang negara, dan memastikan keamanan dokumen negara. Mimpiku ketika lulus itu masuk ke perusahaan BUMN atau jadi PNS. Tapi memang bukan diperuri jalannya :') tapi tetap terwujud kok~ hhe liat nanti yaa 

Jadi, seleksi peruri itu ada seleksi administrasi, bahasa inggris, psikotes lengkap + FDG + wawancara psikolog, MCU, dan wawancara user dan bidang. Dan disetiap tes itu menggugurkan!! panjang bet kan tesnya :') dan hampir setiap BUMN atau milik pemerintah tesnya itu banyak tahapnya dan peminatnya ga main main. Untuk seleksi berkas aja ada sekitar 30rb orang yang daftar ( daftarnya disni https://ppm-rekrutmen.com/peruri/) dan alhamdullilahnya aku lolos seleksi berkas :'). Untuk amannya sih dari yang aku analisis, yang lulus seleksi adm itu yang IPKnya cumlaude untuk jurusanku.. dan sabar sabar ya nunggu pengumumannya, karna lama banget!! ya bisa diliat dari pendaftarnya aja sebanyak itu. Setelah seleksi adm, dilanjutkan tes bahasa inggris sekitar seminggu kemudian. Tes bahasa inggrisnya itu kaya TOEFL jadi ada sekitar 100 soal kali ya._. yang setengahnya itu reading full, kaya TOEIC gitu readingnya jadi masih lebih mudah, dan setengahnya lagi written expression, structure, dan dictionary. Nah inii rada susah karna aku juga ga jago juga bahasa inggrisnya :') . Tapi alhamdulillah karna master2 yang bantu aku belajar jadi bisa lolos ketahap selanjutnya, dimana pengumumannya itu malemnya. Tadinya hopeless jadi aku kebogor main sampe baru pulang malem, dan ternyata lolos dan besoknya langung tes psikotes dan wawancara psikologi serta FDG. 

Psikotes peruri juga lengkap seperti menulis 20 kepribadian, menjawab soal jika ada kondisi tertentu apa yang harus dilakukan, tes krepelin, tes kepribadian, tes IQ (umum, deret, gambar, aritmati, persamaan perbedaan kata), tes gambar juga ada. Dan cukup tegang karna bener bener tepat waktunya, kalo di PT novell cukup santai karna lewat komputer. Setelah itu besoknya lanjut FDG dimana kasusnya itu "Point point kenapa orang melamar pekerjaan". Jadi kita dibuatkan kelompok sekitar 6 orang dan diberikan waktu berdiskusi dengan ada satu psikolog yang mengamati. Setelah itu dilakukan wawancara psikologi berdasarkan hasil psikotes kita sebelumnya. Jujur, aku masih belum mengenal diri aku lebih baik jadinya psikotes itu termasuk momok buat ku :'. dan benar aja 2 minggu kemudian pengumuman kalo aku ga lolos lagi. Ya padahal sangat berharap bisa kerja disini :') dulu pengen magang disini.. soalnya aku dulu pernah punya cita-cita jadi menteri keuangan tapi kuliah masuk kimia wkwk jadi seenggaknya yang nyambung nyambung sama uang kan bisa kesitu. Test selanjutnya untuk yang lolos kaya yang aku jelasin diawal. Untuk peruri ini waktu dari daftar sampe tes akhir diterima itu bisa memakan waktu 3-4 bulan jadi bersabarlah calon calon yang mau tes disini :D hhe 

3. PT Paragon Technology and Innovation
PT Paragon ini benar benar lagi berkembang loh~ Brand produknya itu kaya wardah, emina, dan make over. Dan sistem hiring paragon itu menarik banget, jadi mereka punya moto "One stop hire". Sering banget buka lowongan, mungkin tiap bulan. Jadi aku pernah nanya hrnya PTI ini, katanya mereka punya standar tersendiri terhadap karyawannya, jadi ga ada batas minimal maksimal yang diterima ketika recruitment. Kalo banyak yang sesuai ya diterima, dan kalo engga ya dalam satu periode recruitment mungkin aja ga ada yang akan diberikan offering. Mungkin karna bener2 lagi berkembang ya jadi butuh banyak orang juga.. dan kalo kalian daftar untuk pertama kali disini kemungkinan dipanggilnya itu sangat besar, yang menggugurkan itu ditahap selanjutnya. Juga bisa daftar berkali kali kalo belum lolos asal jangan dalam satu bulan yang sama, aku daftar lewat jobfair UI, dan kalo lewat jobfair cepet banget. Tahapnya itu psikotes IQ, lalu psikotes lengkap, wawancara psikologis, wawancara user dan hrd, lalu offering. 

Psikotes IQ itu seperti menyambungkan potongan gambar jadi bangun ruang, perbedaan persamaan kata, arti kata, matematika sederhana, deret dan tes pauli. Dan pengumuman langsung dihari itu, dan dilanjutkan psikotes lengkap. dan aku ga lolos wkwk desas desusnya sih harus ngerjain pauli sampe minta kertas lagi.. tapi ada temenku galolos juga udah dua kertas tuh, jadi bergantung sama tes iqnya juga. yang lolos itu disatu sesi sekitar 30 orang dari  130an orang. dan setelah itu siangnya langsung lanjut psikotes lengkap seperti gambar orang, wartegg, kepribadian. Pengumuman untuk lanjut wawancara psikologis itu 2 minggu kemudian dan ketahap selanjutnya itu tiap dua minggu dan tentunya setiap tahap menggugurkan. 

4. PT Ecogreen Oleochemicals
Nah, ini salah satu perusahaan yang lokasinya di BATAM. Aku daftar via job fair di FTUI, dan job fair kampus itu jauh lebih cepet loh prosesnya. Dan pastiin kalian dateng dihari pertama ya kalo jobfairnya diadain dua atau tiga hari!! karena biasanya ada beberapa perusahaan yang sekalian nyewa ruangan untuk tes awal dikampus tersebut pada hari kedua job fairnya. Aku gatau full tesnya untuk diecogreen sendiri, karna aku ga lolos lagi huhu jadi aku cuma akan menceritakan yang aku jalani aja ya.. 

Diawal sebelum psikotes sendiri ada pengenalan perusahaan, diPT PTI juga sebelum tes ada pengenalan dulu. Ecogreen sendiri itu merupakan perusahaan oleokimia, jadi bergerak dibidang pengolahan minyak untuk menjadi bahan kimia, dan ini bener bener perusahaan yang cocok buat lulusan teknik kimia maupun kimia. Banyak banget benefit yang ditawarkan dari PT Ecogreen ini! mungkin karna diBatam ya jadi agar orang orang betah juga disana. Dalam waktu beberapa tahun kerja kita bisa dikasih mobil dan cicilan rumah dan banyak deh pokoknya. Menarik banget dong buatku wkwk xD dan batam deket singapur kan jadi bisa jalan jalan terus deh hihi 

Psikotesnya sendiri itu lengkap banget ada 10 tes psikotes seperti test menghafal, papi, krepelin, gambar orang, wartegg, pohon, logika verbal, gambar (melanjutkan, yang tidak sama) dan ini mirip kaya diapplikasi IQ diandroid, matematika cerita, dan juga deret. Setelah itu, 2 minggu akan dikabari lagi kalau memang lolos, dan tes diBATAM serta ongkos dibiayai. Karna aku daftar bagian trainingnya gitu, jadi aku langsung setelah tes diwawancara oleh HR. Sebenernya, posisi yang aku daftar itu tingkat supervisior jadi ya emang ga berharap banyak. dan setelah dua minggu ga ada kabar lagi~ kayanya memang yang bener2 sesuai kualifikasi yang dipanggil lagi karna kan biaya Jakarta-Batam ga murah dong. Angan angan jalan jalan ke singapur tiap bulanku batal deh wkwk xD

5. PT Pasific Paint 
Ini perusahaan pertama yang manggil aku dari jobstreet!! seneng juga akhirnya dari sekian puluh perusahaan yang aku daftarin akhirnya ada yang tembus. Dari analisisku sih penting banget headline di jobstreet, karna ketika aku ganti pernah research dijepang jadi banyak yang manggil. Untuk cerita dijepang menyusul yaa hihi Nah, seperti yang aku bilang sebelumnya kalo proses pemanggilan itu ga cepet, kaya diPT ini sebulan kemudian baru dipanggil.  dan kalo dijobstreet sebenernya tahapnya itu lebih sedikit dibanding daftar lewat perekrutan massal dan tentunya BUMN gitu.. 

PT pasific paint sendiri ini merupakan perusahaan cat pertama di Indonesia. Untuk tesnya itu Test awal (tes buta warna, hue, pengetahuan bidang) dan wawancara user sama HRD, psikotes kepribadian sama MCU. Aku cuma ikut sampe tes awal sm wawancara setelah itu ga lolos lagi.. 
Bidang yang aku tertarik sendiri itu sebenernya kimia analsis, dan cat sendiri itu merupakan aplikasi dari kimia organik. ketika mau tes aku belajar banyak soal pembuatan cat karna kan ada wawancara user juga kan, tapi wawancara usernya cukup santai sih lebih kaya wawancara hrd biasa. Cuma ya ketika ditanya 'kamu pernah ngecat?" ya jujur aku ga pernah ngecat sendiri :( dan ga suka ngecat juga... poin minusnya adalah disini juga, walaupun background udah sesuai tapi ketertarikan kurang ya tentu pewawancara bisa liat. Selain itu, pas tes hue aku banyak salah T-T dan temenku yang lolos itu bener semua. Jadi usahain bener semua kalo emang mau ngelamar diperusahaan cat yaa! tes hue sendiri itu kaya ngearrange gradient warna dari warna terang ke lebih gelap atau sebaliknya. Bisa dicoba disini mirip gini https://www.colormunki.com/game/huetest_kiosk tapi kalo tes kaya ada palletnya gitu. Dan akupun kurang suka bau cat itu terlalu menyengat.. jadi buat kalian yang punya masalah dipernafasan dipikir pikir lagi tempat kerja yang sesuai :')

6. PT Prakarsa Alam Segar
Aku dapet panggilan ini dari job fair, dari waktu daftar besoknya udah ada panggilan. PT Prakarsa Alam Segar ini produsen merek Mie Sedaap. Seneng juga pas dipanggil karna aku suka banget mie >< walaupun indomie sih wkwk kompetitornya. Tapi, aku pernah punya cita-cita bisa buat indomie yang sehat tapi citarasanya ga kalah tentunya. di PT PAS sendiri dari yang aku baca dan aku alamin juga, mereka ini hiringnya seharian full.. 

Jadi pertama itu psikotes lengkap dan ada krepelin juga. Lalu setelah itu wawancara hrd, user, general manager, trus satu lagi lupa aku. itu bener bener dilaksanain dari pagi sampe sore.. Aku sendiri daftar bagian PPIC ( ga nyambung ya wkwk) karna aku suka managerial. Ketika tes psikotes itu ada dari bagian foreman dan purchasing juga. Dibagian foreman sendiri cuma ada 4 kandidat dan yang lanjut ke wawancara hrd dan user (mereka dipisah) yang satu nunggu diruangan. dan lanjut wawancara hrd tapi abis itu dibilang nunggu 2 minggu lagi dikabarin. Istilahnya ga lolos dengan cara halus~ nah wawancara usernya itu katanya ditanya teknis banget dan sampe ke mata pelajaran dikuliah belajarnya apa aja yang tentunya berhubungan sama jabatan yang kita pilih. Setelah itu, yang lanjut lagi disuruh nunggu dulu dan yang ga lolos disuruh pulang tunggu dua minggu lagi. 

Untuk aku sendiri, cuma sampe wawancara hrd.. jadi pas wawancara hrd malah disinggung mau ga dipindah ke bagian QA karna kayanya lagi butuh juga. Dan aku tanpa banyak mikir mau dong :( karena kan emang kimia banget juga kerjaannya dan akhirnya wawancaranya lebih bahas QA dibanding PPIC wkwk tapi ternyata rezekiku bukan disana juga~ karna 3 hari kemudian ga dipanggil lagi.. 

7. Danone Aqua 
Kalo ini dapet info dari temen share ke grup angkatan, paginya ngemail dan siangnya langsung dapet telfon dong cepet banget!! jadi kalo ada info2 lowongan dari temen yang udaah kerja biasanya emang urgently needed jadi segeralah daftar~  Jadi telfon awal itu untuk wawancara hrd via telfon gitu, buat tau kabar terbaru dari kita apa udah dapet kerja atau belum dan kenapa kita daftar serta pengalaman kita gimana. Pas dapet telfon itu aku abis ngajar dong didepok lagi nunggu gojek mau ke stasiun  wkwk Trus akhirnya interview distasiun yang sangat ga kondusif, jadi jawabannya entah gimana itu :'). Tapi alhamdulillahnya dipanggil lebih lanjut untuk wawancara user dan tahapnya cuma itu aja kalo lolos lagi ya langsung offering karna cuma jadi pengganti pegawai yang cuti melahirkan. Wawancara usernya ya seputar pengalaman kerja, bisa instrumen apa aja, dan ditanya tanya tentang kimia analisis banget. Cocok banget dong rasanya :') pas pulang dijalan tuh bener bener aku ngerasa pd banget sama segala jawabanku, terus juga sesuai banget sama minat aku kerjanya mana ga jauh jugaa dipulo gadung. Walaupun yang berat itu cuma 6 bulan dan untuk jadi karyawan tetapnya peluangnya belum bisa. Tapi kaya itu pertama kalinya aku bener bener sadar emang core competence dan keinginanku itu dibidang analisis gitu :') dan dua minggu setelah wawancara user aku ga dipanggil kembali, Pun kalo lolos akan buat aku bingung karna aku lagi nunggu sesuatu yang lain yang sangat menjanjikan dan juga sesuai.. tapi sedih juga sih:( cuma Allah selalu punya jalan terbaiknya~


-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Juga ada perusahaan yang aku ikuti proses rekrutmennya tapi baru sadar kurang cocok :') contohnya PT Jaya Sportindo, PT AA Internasional Indonesia, Telkom, Shopee, dan Unilever. Untuk jaya spotindo itu perusahaan distributor suplemen olahraga gitu, dan emang lagi ngembangin untuk buat produk sendiri, bagian yang dipanngil sesuai sih RnD tapi kayanya lebih kepengembangan atau pengujian segi biologi. Telkom dan Shopee itu cuma test onlinenya aja wkwk trus baru sadar kok daftar begituan sih... jadi aku ngisinya ga fokus dan emang susah juga. Kalo telkom aku daftar via web untuk GPIP dan soal tes onlinenya psikotes versi susah gitu wkwk susah deh. Kalo shopee itu testnya matematika gitu tapi bahasa inggris cuy :') daku ga jago. Dan sepanjang tes direkam dong wkwk analisis banget sih, bukan jawaban eksak tapi lebih ke jika maka. nah untuk ULI aku bakal lebih jelasin.. Siapa sih yang gamau kerja di UNILEVER??? ga ada! dan emang HOnya so bagusss banget>< bikin mupeng kerja disana 

8. PT UNILEVER Indonesia
Aku sangat lupa pernah daftar ULI dimana wkwk waktu lagi ngerayain ulang tahun temenku tiba tiba ada panggilan dari unilever, awalnya takut juga apa ini penipuan karna aku merasa ga pernah daftar. Dan bagian yang aku dipanggil itu AASM (asisten area sales manager) bukan bidang aku banget dong ini. Ya walaupun melenceng tapi karna ini Unilever aku tetap lanjutin prosesnya dan emang menarik banget ULI tuh. Nah setelah diinget inget aku ternyata daftar dapet info dari web info job http://www.jobscdc.com/, selain dari situ aku suka dapet info dari web CDC kampus kaya  http://cdc.ui.ac.id/http://cdc.eng.ui.ac.id/https://ecc.ft.ugm.ac.id/http://cdc.unpad.ac.id/http://cda.ipb.ac.id/. Dan beberapa web lain terutama untuk info cpns dan bumn dari https://informasicpnsbumn.com/https://bursakerjadepnaker.com/ dan http://www.karirglobal.id/. Oh iya tips ku yang lain kalo lagi diproses disatu perusahaan jangan berenti daftar diperusahaan lain, karna kita ga akan tau lolos apa engga juga kan akhirnya?? nanti jadinya kaya aku lama nganggur wkwk karna aku sampe proses dinyatakan ga lolos baru ada panggilan lagi baru daftar lagi :(.  Lebih enak ketika banyak pilihan bukan? 

Untuk di Unilever bagian AASM sendiri ini tesnya itu ada initial interview, online tes, presentasi tugas, deep interview, dan MCU. Untuk initial interviewnya seperti wawancara hrd biasa aja, tapi perkenalan pakai bahasa inggris atau bisa full juga sih tergantung pewawancaranya. Aku dapetnya baik jadi perkenalannya aja. Jujur pas interview aku ngerasa jelek banget jawabnya wkwk karena emang ga sesuai passion dan ngeiyain padahal dalem hati kurang srek.. Jadi untuk kalian yang mau jadi AASM harus mau ditugaskan dikota manapun dan diluar jawa, harus mobilitas tinggi banget deh orangnya. Tapi emang unilever itu sangat memperhatikan kesejahteraan pegawai, dimana kita akan dapet mobil trus rumah kontrakan dibiayain, gaji sangat cukup malah lebih mungkin? wkwk tapi ya itu harus rela beberapa tahun jauh dari keluarga. Aku jawab mau mau aja tapi sejujurnya ga aku banget. Selain itu kita juga dikasih 3 soal tentang keuangan kaya diskon berganda dan menghitung keuntungan. Soal diskonnya rada membingungkan.. misal gini, kalo beli satu sunlight harganya sekian. kalo beli satu diskon sekian, untuk pembelian kedua (dibuat ambigu) diskon sekian. Kalo kita beli 3 jadi harganya berapa... Trus kalo kita beli barang barang lain jadinya berapa ditambah sunlightnya beli 4. Satu soal lagi dikasih tabel pengeluaran dan pemasukan detail suatu distributor, kita harus ngitung keuntungannya. 

Setelah dinyatain lolos, kita disuruh ngerjain DISK tes online kaya soal kepribadian gitu. Nah aku sih ngisi yang emang diri aku tapi ada beberapa hal yang aku sesuai kan sama seorang AASM harus gimana. Kalo berdasarkan yang aku baca dari pengalaman orang cukup kerjakan semua aja dan tepat waktu insyallah lanjut lagi. 

Lalu lanjut ke tes presentasi tugas, jadi kita dikasih tugas untuk menganalisis dua toko kelontong dimana yang satu ramai dan yang satu sepi. Analisis dari segi letak, coverage, fasilitas, dan harga. Dimana harus tau betul omset dari masing2 toko itu dari mana dan kenapa bisa yang satu ramai yang satu engga. Aku cukup males malesan ngerjainnya :( karna ternyata ga segampang itu bung buat wawancarain toko kelontong. trus tadinya juga gamau dilanjutin, tapi aku mau dapet pengalamannya dan gimana presentasi didepan orang besar juga dan tanggapan mereka terhadap cara aku presentasi. Pas masuk ruangan tuh ditanya kamu dari mana, trus tiba2 bapaknya bilang eh kok ipknya tinggi daftar AASM kenapa daftar AASM? dan aku jawabannya bodoh banget wkwk "karna Unliver" yaudahlah mati-_-. dan ketika presentasi aku gabisa jawab pertanyaan omset, jadi dipelajarin baik baik ya cara ngitung omzet trus emang dianalisis dalam seharian tiap warung. Karna kalo cuma berdasarkan keterangan orang warungnya itu sangat bisa dibantah sama panelis (?) yang emang udah sangat berpengalaman dibidangnya. Trus diakhir aku selesai bapaknya bilang gini " nanti kalo RnD buka daftar lagi ya, sayang loh ilmunya". Berarti emang udah ga bakal lolos dan bener wkwk


-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Adalagi beberapa perusahaan yang aku memang ga lanjutin proses tesnya atau ga dateng panggilannya, seperti PT Pharos (wawancara user ga dateng), PT Trijaya, BNI Life, PT GGF (barengan paragon:(), PT Hydro Water (kurang profesional jd ga lanjut), PT Rivan, PT Sinar Syno Kimia,PT Citra Dimensi Artali, PT Cargloss, dan ANTAM. 3 PT terakhir sebelum ANTAM ga aku datangi, karena aku sudah lumayan yakin akan dapet ditempat lain. dan ANTAM parah pengen banget kerja dipertambangan :') tapi ga aku lanjutin juga karna udah fix dapet kerja ditempat lain, andaikan kau datang lebih cepat~ 
Beberapa PT diatas diawali dengan psikotes dulu atau tes online gitu, dan panggilan PT tersebut dari job fair dan jobstreet kecuali ANTAM daftar diwebnya. Beberapa alesan aku ga dateng lagi adalah karna ga sesuai passion dan beberapa ulasan yang kurang baik ketika aku baca dari kaskus. Jadi, saranku daftarlah yang emang bener bener kalian passion disana, jangan asal daftar walaupun udah mulai stress cari kerja.  Jujur aja aku awalnya sangat pemilih dan cuma daftar BUMN atau Perusahaan bonafide. tapi lama kelamaan jadi terlalu banyak daftar dan aneh2.. Sampe dijobstreet itu ada >50 kali ya, tapi ternyata temen-temenku jauh lebih banyak loh ngelamarnya. Tapi tapi juga pada akhirnya ketika tes (terutama wawancara) aku tersadarkan kalo bukan disitu passionku :') Jadi tentukan lah karir path kalian dari awal, karna pekerjaan itu bisa 10-20 tahun kedepan akan selalu kalian kerjakan.. (padahal belum mulai kerja udah nasehatin orang xD). Ya akupun masih belajar, dan seneng banget kalo nantinya tulisanku bisa berguna buat yang lain.. 

Jangan pernah menyerah deh pokoknya :') Allah selalu punya jalan, dan Allah selalu tau yang terbaik untuk umatnya. (akan aku bahas dipostingan selanjutnya yaa stay tune). 

Satu hal lagi yang aku syukuri ngikutin banyak tes selain jadi tau arah dan ketertarikan aku adalah akau selalu dapet minimal satu temen ditiap tes, sekalian ngebangun relasi juga kan? ;)

#PengalamanTes #PengalamanRekrutmen #FreshGraduate 

20 komentar:

venny mengatakan...

permisi ya
mau numpang promosi bo kelinci99
cashback kami berikan sebesar 5% untuk permainan live casino ya bo
silahkan kunjungi WWWoKELINCIPOKER99oME

Firda mengatakan...

Hi kak, aku mau ngelamar pekerjaan di industri, kebetulan aku baru lulus dari jurusan yg sedikit mendekati bidang kakak hehe, nah untuk CV yg sesuai itu sebenarnya yg bagaimana yah kak? Apakah model yg minimalis sederhana atau yang berwarna2 seperti itu? Terimakasih

Unknown mengatakan...

ka saya juga dapet panggilan dari pt novell pharma itu. untuk pakaiannya hitam putih ka ? atau bebas asal sopan ya ? tadi saya pas di telpon gk di kasih tau hehe

Chasan Mirza WIbisono mengatakan...

makasih banyak mbak sudah share pengalamannya, saya freshgraduate dan lagi berusaha melamar ke berbagai perusahaan. sekarang lagi jenuh jenuhnya dan dan stress banget jadi pengangguran. setelah baca tulisan mbak, jadi termotivasi lagi saya. btw saya juga pernah gagal wawancara karena ngomong mau lanjut S2 wkwkwkwk. relate banget

Tia Agustiany mengatakan...

Mohon maaf baru dibalas.. Pasti udah tes ya..
Pakaiannya sopan

Tia Agustiany mengatakan...

Untuk CV menurutku harus menggambarkan kalau keahlian dan pengalaman kamu memang cocok dengan perusahaan.. Aku punya beberapa CV untuk beberapa perusahaan hhe.
Yg bagus ttp yg eye catching tp mencangkup apa yg ingin kamu tonjolkan

Tia Agustiany mengatakan...

Semangaat ><><

Wahyu Kurniasari mengatakan...

Aku mau tanya dong ka, setelah mcu ada sistem gugur lagi gak? Aku soalnya lagu nunggu kabar setelah mcu

Unknown mengatakan...

mau nanya ka. kk jurusan dan kuliah dmn.?

Tia Agustiany mengatakan...

Kimia ui..

Tia Agustiany mengatakan...

Ini yg mana kah?._. Trrgantung perusahaan. Biasanya kalo udh MCU ada yg otomatis lolos

Anonim mengatakan...

Maaf kak mau tanya, kakak sekarang kerjanya dimana?

Tia Agustiany mengatakan...

Di BPOM.. Bisa dilihat pengalaman recruitment CPNS di post setelah ini

Miliana mengatakan...

keren banget kak selalu semangat ya

daftar kartu axis

Milky White Polyester Film mengatakan...

thank you for your article

Diploma of Information System Telkom University mengatakan...

Semangat kak. Boleh tahu tips untuk pelamar fresh graduate?

Unknown mengatakan...

ini pengalaman banaget waktu pertama kali lulus pengennya perusahaan besar dan bonafit tetapi akhirnya mikir juga perusahaan swasta juga banyak hang bagus dan banyak yang cocok sesuai

Rafiq mengatakan...

Nice info. Untuk sekarang sedang bekerja dimana?

Rafiq mengatakan...

Mungkin tips bagi para freshgraduate yang belum bekerja bisameningkatkan pengalaman contoh nya mengikuti pelatihan atau sejenisnya

sasaaja mengatakan...

halo kak, semoga sehat selalu yaa
aku senang bangett baca cerita kakak jadi sedikit tau gambaran recruitment setiap perusahaan dan ngebantu bgtt buat aku kaum fresh graduate
mau nanya kak terkait tes di PT Ecogreen Oleochemicals itu habis psikotes, tahap intv hr dan user nya offline di batam ya kak?? atau cuma intv user aja ?? sama intv nya itu bahasa indo atau in english ya kak?? terimakasih kak, semoga dijawab ☺️🙏🏻

Posting Komentar