RSS

My Journey to Find Job (2) : CPNS BPOM

Hai semua ^^
Seperti yang aku janjikan sebelumnya, aku akan lanjutin pengalamanku dalam mencari kerja hihi
Alhamdulillahnya setelah beberapa bulan menunggu, usahaku membuahkan hasil :')
Aku lolos seleksi CPNS 2018!!! ><  #2019JadiASN alhamdullilah terwujud hihi

Ok. Mulai ya? Cek sampe bawah yaaa!! karna aku kasih bonus latihan soal SKD CPNS dan SKB CPNS BPOM hihi

1. Seleksi Administrasi 
Jadi, untuk tes CPNS sendiri itu terdiri dari seleksi administrasi, seleksi kemampuan dasar (SKD), dan seleksi kemampuan bidang (SKB). Untuk seleksi administrasi sendiri kita membuat akun dan memasukan data diri serta berkas administrasi yang dibutuhkan sesuai persyaratan ke website pendaftaran peserta cpns yaitu --> www.sscn.bkn.go.id . Untuk dokumentasi umum yang dipersyaratkan instansi itu seperti :

  • Ijazah dan Transkrip nilai 
  • Foto berlatar belakang merah 
  • KTP 
  • Akreditasi Univ & Jurusan 
Beberapa dokumen tentatif yang diprasyaratkan seperti :
  • TOEFL ( minimal 400/ 450 )
  • SKCK
  • Surat Sehat 
Nah... untuk persyaratan awal keliatannya ga susah kan?? Karna.. yang susah itu ketika buat akun dan unggah dokumennya :') 
Karna sistemnya terintegrasi dan terpusat di satu web pendaftaran BKN yaitu sscn, jadi untuk mendapatkan akses masuknya itu susah banget :') 
Coba bayangin.. ada berapa puluh ribu orang mau daftar cpns?? webnya jadi down mulu dong :( 
Tips dari aku, daftarnya jangan awal awal. Aku daftar awal awal dan itu bikin stress sendiri karna udah susah masuk webnya, pas masuk ga lanjut-lanjut tahap berikutnya.. Padahal udah nyari waktu malem, shubuh, siang siang orang lagi pada kerja tetep aja penuh terus servernya. 
Daftarnya dipertengahan aja, disaat kita udah yakin betul mau pilih instansi mana dan jangan lupa dokumen-dokumen yang harus diunggah dicek lagi. 


Untuk tahun 2018 sendiri, hanya diperbolehkan daftar di satu formasi, satu instansi, dan satu jabatan. Karna cuma boleh daftar di satu tempat maka pintar-pintarlah atur strategi~ Mau bersaing dengan sedikit orang tapi kuota yang diminta sedikit, atau mau bersaing dengan banyak orang tapi kuota yang disediakan jauh lebih banyak. Saranku mau apapun pilihan kalian, berusahalah menjadi yang terbaik, tulis target nilai tertinggi. Jadi dimanapun itu kita menjadi orang yang berperingkat tertinggi dan tentunya lolos sampai akhir :D 

Sebelum memilih formasi, instansi dan jabatan, analisis dulu ya semuanya jangan sampe ada yang ga sesuai nantinya. di web sscn sendiri disediakan mesin pencari lowongan berdasarkan jurusan kita, dari situ kita bisa membandingkan kuota yang dibutuhkan, persyaratan administrasi instansi, dan seleksi bidang instasi apa saja. Selain melihat itu tentunya job desk kerja kedepannya juga penting diperhatikan ya! karna PNS itu jangka waktu kerjanya lama :') Carilah yang sesuai passion tentunya.
Aku sendiri melamar di Badan Pengawas Obat dan Makanan, formasi cumlaude, untuk jabatan pengawas farmasi dan makanan ahli pertama. Menurutku pilihan itu sudah cukup ideal dan aku yakin aku bisa menjalani test selanjutnya. Awalnya aku sedikit binggung antara BPOM atau BATAN karna dua duanya menarik buatku hihi tapi karna aku pernah magang juga di BPOM dan lokasi yang lebih dekat dari rumah jadilah aku pilih BPOM~ Oh iya formasi ku itu kuotanya 7 orang dan yang mendaftar sekitar 130an.

di Seleksi administrasi ini jangan terburu-buru ya. Harus crosscek lagi segalanya, kalo perlu minta bantuan orang lain. Aku sejujurnya takut ga lolos seleksi admin :') Banyak yang bilang kalo salah sedikit aja langsung ga lolos... dan aku salah masukin nomor ijazah T-T karna udah seneng akhirnya semua data keisi biar langsung submit dan ga kepikiran lagi. Harusnya nomor ijazah aku S1-FMIPA malah tertulis S-1FMIPA. udah berkali kali cek juga ga merasa itu salah kaya udah dibutakan wkwk
keluarga sama temen aku tau banget deh aku galau bet karna ini... bener bener susah makan, tidur, ga tenang deh bawaannya..
alhamdullilahnya Allah maha baik :') dan berkat doa orang-orang disekitar, aku masih lolos seleksi administrasi ini dan bisa lanjut ke SKD :')

Ini penampakan pengumumannya 
2. Seleksi Kompetensi Dasar (SKD)
Untuk seleksi kompetensi dasar menggunakan sistem CAT, Jadi tes menggunakan komputer dan langsung terlihat hasilnya. Sistem ini bagus banget menurutku :') bener bener mengurangi KKN. Jadi.. jangan judge yang lolos cpns aneh aneh ya hhe tahun ini sudah jauh lebih baik dalam penyelenggaraannya.. semoga semakin baik kedepannya

di skd ini sendiri ada 100 soal terdiri dari 30 soal TWK (tes kewarganegaraan), 35 soal TIU (tes intelegensi), dan 35 soal TKP (tes kepribadian). Dimana soal tersebut dikerjakan dalam waktu 90 menit. Cepet juga kan? :') Dari masing-masing bidang tersebut terdapat ambang batas yang harus dilewati.. untuk formasi umum nilai ambangnya itu twk 75, tiu 80, dan tkp 143.
Tahun ini momok tes SKD ini ada pada TKP atau tes kepribadian.. Banyak orang yang merasa sudah menjawab sesuai namun nilainya belum mencapai ambang batas. Alhamdullilahnya lagi aku daftar di jalur cumlaude dimana nilai ambang batassnya hanya di tiu 85 dan total diatas 298. Jadi walaupun nilai tkpku kurang dari 143 masih bisa berpeluang lolos :')
Oh iya ada nih orang yang suka salah kaprah dan mikir asal lewat ambang batas (pg) bisa lanjut ikut tes skb. Salah besar!! untuk skb sendiri nanti ada perangkingan 3 x formasi yang dibutuhkan. Jadi jangan buat target asal lulus pg ya!! buat target nilai 400 sudah cukup aman.. Walaupun nilai aku ga sampe segitu sih kkkk Nilaiku sendiri itu 371.. Aku ga merasa banyak effort ketika ngerjain, jadi ya mengalir aja. karna twk yang aku dapet bener bener pengamalan pancasila dan ga banyak hafalan uud. Padahal aku udah hafal banget uud dari pasal 1-37 loh :') tapi gapapa aku merasa jadi lebih cinta tanah air hihi

ini hasil pengumuman skd

3. Seleksi Kemampuan Bidang (SKB)
Setelah dinyatakan lolos yaitu masuk ke kuota 3x formasi baru kita bisa ikut SKB. SKBnya sendiri berbeda beda tergantung instansi yang dipilih.. ada yang hanya CAT, ada psikotes, tes inggris, wawancara, dan juga praktek kerja. Untuk di BPOM sendiri tes SKBnya itu CAT dan wawancara aja.
CATnya sendiri terdiri dari 100 soal yang dikerjakan selama 90 menit juga. Untuk jabatan PFM sendiri soalnya merupakan campuran pengetahuan dari jurusan Farmasi, Biologi, Kimia, dan Hukum :') dan tentunya soal soal yang berhubungan dengan BPOM. dan itu bener bener farmasi banget dong!!! soal kimianya paling ga seberapa huhu tapi alhamdulillahnya nilai aku cukup tinggi, jadi walaupun ketika perangkingan skd aku masuk ke peringkat 9 dari 21 orang padahal kuota yang dibutuhkan 7 orang. Nilai SKB ku ini sangat membantu.. Jadi buat kalian yang skdnya lolos tapi peringkatnya rendah jangan berkecil hati ya!! terus berusaha sampe titik darah penghabisan ><

Setelah CAT, dilakukan wawancara. Nah! untuk beberapa instansi ada sistem dimana wawancaranya itu menggugurkan atau TMS ( tidak memenuhi syarat ), untuk kebijakan instansi yang seperti itu aku sangat ga setuju. karna jadinya yang menentukan hanya wawancara.. Buat apa jadinya nilai skd dan cat skbnya bagus?? Jadi sebelum daftar instansi dibaca baca lagi ya persyaratan dan aturannya...
Untuk di BPOM sendiri, wawancara tidak menggugurkan tapi memberikan konstribusi sebesar 25% dari 60% total. Wawancaranya dengan 2 orang yaitu petinggi bpom dan juga bagian sdm di bpom. Sebelum wawancara sendiri diberikan kuisioner untuk diisi, dan pertanyaan yang diajukan tidak jauh dari kuisioner tersebut. Pertanyaannya seperti pengalaman bekerja, organisasi... dan sikap kita dalam menghadapi sesuatu. Aku rasa parameter yang dilihat apakah kita sudah sesuai atau belum dengan budaya instansi~ Mungkin aku udah kesekian kali bilang alhamdullilah tapi aku beruntung banget :') nilai wawancaraku sempurna.. entah itu nilai turun dari mana. Jadi nilai itu bener2 naikin peringkat aku juga :')



Nah diatas ini penampakan akhir pengumuman yang aku tunggu tunggu hihi.. Aku merasa nilai-nilai yang aku dapet diluar dugaan :') merasa sangat dimudahkan..
mungkin ini dari doa dari orang orang terdekat aku juga.. terutama kedua orang tua aku..
Ibu aku juga emang pengen banget aku jadi PNS :')
dan.... menurutku melayani rakyat itu tugas yang mulia.. aku juga mau memberikan kontribusi di pemerintahan ini meskipun kecil. Semoga para readers yang bercita cita jadi ASN terwujud juga ya ;)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

BONUS latihan soal aku hihi 
Ini beberapa rangkuman soal yang aku cari jawabannya, tapi ada beberapa juga yang belum aku cari sih :( semoga bisa bermanfaat ya!!
Fr soal SKD CPNS 2018 
--> https://drive.google.com/open?id=1LEXIWdABvOE2ZnvdD4gj6uo0-2F2dvk5
Kumpulan soal SKB CPNS BPOM (PFM)
--> https://drive.google.com/open?id=1DCL9_n88yYgQXDQzVnWqSuH9WuG_641k
Rangkuman UUD 
---> https://drive.google.com/open?id=1J67ODY96tvDoRiqwClt45UgqzrKEZ8Ya
( ini belum selesai wkwk tapi sayang udah pernah buat jadi ku publish ya)

Untuk yang mau wordnya atau mau tanya tanya bisa tinggalkan pesan di kolom komentar yaaa~
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Akhir kata, aku ngerasa banyak hal yang aku pelajari dan bisa aku syukuri dari perjalananku ini.

Pertama adalah 'berbagi itu indah.....'
Jujur, aku amazed banget.. ternyata dizaman milenial ini masih ada orang-orang yang ga egois, mau berbagi informasi dan pengalaman-pengalaman.
Jadi, aku bergabung ke grup telegram CPNS 2018. Disana terkumpul orang-orang yang bercita cita ingin melayani rakyat aka PNS. Di grup itu banyak informasi-informasi mengenai alur tes cpns, materi-materi soal, dan bahas soal soal cpns tahun sebelumnya. Aku belajar bahwa masih banyak orang baik didunia ini, satu grup itu semua orang asing loh. Tapi mau sama sama belajar, dan bahas soal karna punya satu visi yang sama. Padahal kalo kita liat sisi yang lain itu bukan cuma satu visi,  tapi saingan juga nantinya..
Andaikan kita semua sebagai rakyat punya visi yang sama ya,Indonesia akan semakin baik lagi :')
kaya gantung dan ga ada conclusinya gitu ya wkwk Ya jadi intinya gabung grup telegram  bisa dapet berbagai info ^^ 

Kedua... Aku bener-bener ngerasa Allah Maha Baik :')
"Tidaklah seseorang yang berdoa itu kecuali doanya pasti diijabah, bisa diijabah langsung di dunia, ditunda hingga di akhirat nanti, atau diganti dengan dihapus dosa-dosanya". 
Kalian udah baca pengalaman aku sebelumnya kan? :') Banyak loh itu ga diterimanya... tapi ternyata Allah emang udah punya jalan lain, semua penolakan itu digantinya dengan yang lebih baik dan sesuai dengan apa yang aku paling inginkan.. Maka nikmat tuhan mana lagi yang engkau dustakan?
Aku juga ngerasa ini semua berkat doa banyak orang. Aku berterimakasih untuk segalanya :')


Tapi... perjalananku masih panjang. Doakan semoga lancar,bermanfaat dan selalu diberkahi ya?;')
Semangat juga readers ku!!><

Se-ma-ngat 

45 komentar:

Winda sevvia mengatakan...

Wah sangat inspiratif bagi saya yg lagi nyari kerja :) bdw kita jurusan yg sama xD

Unknown mengatakan...

Kak tia emg panutan!! ๐Ÿ˜

venny mengatakan...

permisi ya
mau numpang promosi bo kelinci99
cashback kami berikan sebesar 5% untuk permainan live casino ya bo
silahkan kunjungi WWWoKELINCIPOKER99oME

Siti Mariyah mengatakan...

Waah.. mantap bisa ikut jalur cum laude. Kalau boleh tahu IP ka tia berapa?

Enno Monica Khinanti mengatakan...

halo kak tia... sangat menginspirasi dan makasih jg soal2nya hehe

mau tanya nih, kalau jobdesk formasi jabatan pengawas farmasi dan makanan ahli pertama bpom itu apa?
soalnya tahun ini aku mau daftar dinas kesehatan jabatan analis obat dan makanan (apoteker), tapi aku belum ada gambaran sama sekali ttg jobdesk nya
dari namanya kyk nya jobdesk nya mirip2 dg kak tia walaupun beda instansi

makasih kak atas jawabannya :)

dw mengatakan...

terimakasih mbak banyak yang harus saya pelajari...,terimakasih atas semua rangkumannya semoga ditambahkan barokahnya

dw mengatakan...

ada wordnya mbak saya mau belajar

Unknown mengatakan...

Sangat menginspirasi kak. Semoga bisa mengikuti jejaknya kak. Kalau ada wordnya saya mau belajar kak.

Fini mengatakan...

mau nanya mba, kalo surat pengalaman kerja itu maksudnya gmn ya? pengalaman kerjanya harus dari kesehatan juga atau bisa dmn aja? makasih yaa.

Ris mengatakan...

Hai kak, mau tanya dong. Apakah waktu pendaftaran ada tes kesehatan juga? Kalau ada, apa aja ya yg dicek? Makasih

APD mengatakan...

permisi mba tia, apa tidak ada kontak pribadi? saya mau bertanya lebih lanjut mengenai tes skb bpom

Akbar mengatakan...

Sore kak, cerita nya sangat menginspirasi. Saya mau bertanya tentang penyerahan sertifikat TOEFL dan wawancara, adakah wawancara bahwa. Inggris, dan tentang apa yg di tanyakan? TerimKasih

Dina mengatakan...

Terimakasih banyak Tia, sangat membantu.

Tia Agustiany mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Tia Agustiany mengatakan...

Untuk tes kesehatan setelah dinyatakan lulus seleksi akhir.. Tesnya itu surat sehat, bebas narkoba dan mmpi (tes kejiwaan)

Tia Agustiany mengatakan...

Silahkan add line @tiagustiany

Tia Agustiany mengatakan...

Untuk wawancara akan diberikan pertanyaan sebelumnya yg harus diisi. Pertanyaan wawancara tidak jauh dari pertanyaan tersebut namun lebih digali lagi

Tia Agustiany mengatakan...

Tidak terbatas kesehatan mba. Surat pengalaman kerja untuk dapat dimasukkan ke riwayat pekerjaan nnti ada nilai tambah dari segi gaji untuk yg lebih berpengalaman..

Tia Agustiany mengatakan...

Untuk PFM sendiri memang BPOM yang menjadi instansi pembina. Jobdesk PFM bisa dilihat lebih lanjut di peraturan KEMENPAN No 48/Kep/M.PAN/8/2020

Tia Agustiany mengatakan...

Kalau untuk analis obat dan makanan di dinkes aku kurang tau.. Kalo di BPOM sendiri ada beberapa fungsi seperti fungsi pengujian, pemeriksaan, penindakan, penilaian, penyuluhan, pemantauan dan standarisasi.

Tia Agustiany mengatakan...

Semoga bisa membantu๐Ÿ™
Mohon maaf balasnya lama.
Untuk yang ingin bertanya langsung dapat di id line saya @tiagustiany

Unknown mengatakan...

Tulisannyaa sangattt membantuu dan memberikan manfaat buat banyak orang. Terimakasih tiaa, sukses selaluu yaa.. ๐Ÿ˜Š

ena mengatakan...

ka tya untuk skb sendiri kan disuruh ngumpulin TOEFL ya, itu minimal scorenya berapa? dulu ka tya ngumpulin sertifikat TOEFL gak?

Anonim mengatakan...

makasihh banyak kak, sudah menjawab kebingunganku di skb pfm nanti bakal kaya gimana yang keluar. semoga aku bs berkesempatan juga kaya kaka :)

Ris mengatakan...

Maaf kak mau tanya, apakah ada tes kesehatan fisik lengkap kayak tes varises & ambeien? Terimakasih

karinatassa mengatakan...

kak bisa email kan wa, aku gak punya line:( kesini ya karinatassa11@gmail.com

Dams mengatakan...

Kak ada soal skb pranata laporan keuamgan apbn ga? Kalo ada bagi dong kak.. makasi

Tia Agustiany mengatakan...

Thn lalu sih engga. Cuma surat sehat (tb, bb buta warna) sm narkoba aja

Tia Agustiany mengatakan...

Kalau tahun lalu ga ada minimalnya.. Aku pernahnya tes toeic jadi ngumpulinnya nilai toeic. Cuma ya lebih bagus nilainya tinggi jd bisa jd nilai plus kita

Tia Agustiany mengatakan...

Alhamdullilah.. Aamiin semangat yaaa

Tia Agustiany mengatakan...

Mohon maaf aku ga punya:(

Tia Agustiany mengatakan...

Mungkin bisa tanya2 disini kalo ga ada line :D

Anugrah R. Eka Putri mengatakan...

Sangat membantu! Alhamdulillah saya lolos ke tahap tes SKB BPOM yang akan dilaksanakan bulan September nanti. Sempat tertunda sekian lamanya :") kebetulan saya ambil formasi yang sama di BBPOM Mataram (NTB). Btw, saya punya hasil tes IELTS tapi sudah expired bulan Maret 2020. Apa boleh dipakai atau harus ambil TOEFL ITP? Karena di daerah saya tidak ada lembaga yang menyediakan tes IELTS (2018 ambil tes di Bali). Terima kasih atas artikel dan file soal latihannya!

Sudut Pandang mengatakan...

Kak, daftar BPOM diliat tinggi juga ya ๐Ÿ˜•

Unknown mengatakan...

mau tanya kak untuk nilai skb, itu 68 apakah pembagian 5 dari nilai awal SKB CAT? dan untuk wawancara apakah nilainya transparan? Dan kalo boleh tau nilai wawancara itu 100 itu ada asalnya darimana gak? Hehe trimakasih

Tia Agustiany mengatakan...

Alhamdulillah kalo gitu:') semangat! Semoga lolos sampe akhir ya.. Maaf mungkin sudah telat jg jawabnya, kalau soal berkas hasil kemampuan english aku juga kurang tau dan yang lebih tau panitia penyelenggara.. Kalau untuk tahunku dulu hasil test online prediction juga diperbolehkan

Tia Agustiany mengatakan...

Mohon maaf line ku sudah tidak aktif ๐Ÿ™
kalau ada yg ingin bertanya bisa ke email tiagustiany@gmail.com.
Untuk pertanyaan via whatsapp mohon maaf aku kurang nyaman. Maaf kalau sempat tidak terbalas ๐Ÿ™

semangat yang ingin menjadi cpns BPOM ^^ Semoga bisa bertemu~

Tia Agustiany mengatakan...

Iya sepertinya di bagi 5, karena waktu itu nilai SKB-ku itu 340 poinnya. Untuk nilai wawancara kita tau setelah pengumuman akhir.. Nilai 100 wawancara hanya dari wawancara tatap muka aja. Soal kenapa bisa nilainya segitu aku kurang tau, mungkin poin poin yg ku jabarkan ketika wawancara sesuai dengan apa yang diinginkan

Tia Agustiany mengatakan...

Atau dapat dm ke instagram @tia_tiany karna lebih aktif dibanding di email hihi semoga bisa membantu๐Ÿ™

Anonim mengatakan...

Kak mau tanya, kalau sudah lolos semua seleksi itu pesertanya diperbolehkan memilih daerah sesuai pilihan zona untuk penempatannya (misal pilih zona 5, lalu selanjutnya bisa memilih lagi ingin ke bpom surabaya, atau denpasar, dll) atau diatur pusat ?

Miliana mengatakan...

makasih kak udah share

Paket suka suka

Unknown mengatakan...

is this the first cpns test that you take?

Rafiq mengatakan...

Bagaimana tips belajar untuk mengikuti CPNS?

Rafiq mengatakan...

strategi memilih posisi pekerjaan yang diinginkan saat melakukan pendaftaran CPNS

Anonim mengatakan...

wah terima kasih banyak ya ka,, sangat membantu ,,, semoga kaka sehat selalu dan lancar rezekinya

Posting Komentar